Internasionalisasi FKH UGM melalui kegiatan Intership Program Mahasiswa Asing

Sebanyak 13 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dari beberapa negara diantaranya Thailand, Malaysia, dan Fillipina telah mengikuti program internship di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Kegiatan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan mulai tanggal 7 Juli hingga 7 Agustus 2017. Peserta kegiatan terdiri dari 2 mahasiswa dari Chiang Mai University (Thailand), 6 Mahasiswa dari Universitas Malaysia Kelantan, dan 5 Mahasiswa dari Central Mindanau University (Fillipina).

Mahasiswa FKH peserta program internship mengikuti berbagai macam program study activity yang dikombinasikan dengan field trip. Aktivitas kegiatan program internship dilakukan di Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Departemen Bedah-Radiologi, dan Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi. Dalam program ini  mahasiswa memiliki kesempatan untuk melakukan Practical Treatment of Reptil Animal di Klinik Hewan Departemen IPD FKH UGM, Kegiatan Large Animal Services untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada sapi di Pasar Hewan Gunung Kidul, dan Observation on Horse Race, hingga Summer course dalam bidang pemeriksaan dan perawatan gajah sumatera.

Menurut Dr.drh Rini Widayanti, MP selaku Wakil Dekan Bidang Peneltian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama FKH UGM, program internship ini merupakan wujud kerjasama antara Fakultas Kedokteran Hewan UGM dengan berbagai mitra dari Universitas lain. Program internship menjadi wahana penting bagi internasionalisasi FKH UGM yang terus berupaya membuka jejaring kerjasama global. Melalui berbagai aktivitas akan membuka memberikan peluang dalam kolaborasi pelaksanaan pendidikan, riset, maupun penanggulangan penyakit hewan antar negara asean.